Naruto

Naruto

Senin, 25 November 2013

degradasi lahan


Nama: agusti pranata
Kelas:xi ipa 2



S
aat ini telah marak terjadi penambangan pasir sungai brantas secara liar.Para penambang pasir liar ini tidak hanya berjumlah satu atau dua orang.Tetapi berjumlah puluhan orang.Mereka mengaku bahwa kegiatan ini tetap mereka lakukan karena tidak ada teguran dari pemerintah. Mereka akan menghentikan kegiatan ini jika memang pemerintah telah menertibkan kegiatan penambangan pasir.“LAHAN adalah bentang darat mulai dari pantai sampai ke pedalaman”. Degradasi lahan merupakan menurunnya kualitas dan kuantitas suatu lahan yang meliputi beberapa aspek, seperti aspek fisika tanah, kimia tanah, biologi tanah, pada suatu luasan lahan.Dalam praktek budidaya pertanian sendiri sering akan menimbulkan dampak pada degradasi lahan.

Di negara indonesia terdapat tiga faktor penyebab degradasi tanah secara langsung yaitu: pertanian intensif, pembukaan tambang, dan deforestasi. Manusiadapat memberikan dampak positip atau negatip pada suatu lahan, tergantung dalam pengelolaan pertanian yang dilakukan. Apabila dalam menjalankan pertaniannya benar maka akan berdampak positip, namun apabila cara menjalankan pertaniannya salah maka akan berdampak negatif.
           
Menurut saya “terdapat beberapa faktor alami penyebab degradasi lahan antara lain : areal berlereng curam, tanah yang mudah rusak, curah hujan intensif, dll. Adapun secara langsung maupun tidak langsung lebih mendominasi dibandingkan oleh faktor alami, antar lain: perubahan populasi, marjinalisasi penduduk, kemiskinan penduduk, masalah kepemilikan lahan, ketidakstabilan politik dan kesalahan pengelolaan, kondisi sosial dan ekonomi, masalah kesehatan, dan pengembangan pertanian yang tidak tepat.

            Cukup di sini cerpen saya, saya ucapkan terima kasih.. J
Wassallamuallaikum wr,, wb,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar